headline photo

Mengenal organ dalam tubuh Manusia dan fungsinya




Sedikit ingatan mengenai pelajaran SMP dulu mengenai organ tubuh manusia,kebetulan ibu gurunya cantik jadi menyimak nya juga penuh semangat hehe.. ini dia,
tubuh manusia terdiri dari berbagai organ yang memiliki fungsi masing-masing . Antara satu organ ke organ lain yang terlibat eventualisme bagi kelangsungan hidup manusia . Jika ada salah satu organ yang bermasalah maka efek yang merugikan juga bisa mengenai organ lain yang awalnya dalam kondisi baik.

Terapkan hidup sehat dapat dimulai dengan mengamati pola jam istirahat untuk tubuh . Karena dalam rentang waktu 24 jam , ada organ yang akan bekerja untuk memenuhi tugasnya . Keberhasilan tugas tergantung pada kondisi tubuh . Apakah Anda ingin bekerja s
ampai tinggal sampai larut malam atau diistirahatkan . Sebelum membahas tentang bagaimana hidup sehat dengan mengakui jam istirahat organ dalam , mengenali beberapa fungsi tubuh akan memberikan hasil yang positf.

Beberapa organ tubuh
 
1 . tenggorokan

Tenggorokan terletak di bawah rongga hidung , di belakang mulut , serta pada oesophagus dan tenggorokan ( trakea ) . Tenggorokan merupakan saluran berotot yang merupakan jalan yang diambil oleh makanan ketika masuk ke kerongkongan . Selain itu, juga merupakan tempat di mana udara mengalir ke paru paru

Tenggorokan terbagi menjadi tiga , yaitu: tenggorokan bagian atas ( nasofaring ) , tengah ( orofaring ) , serta bagian bawah tenggorokan ( hipofaring ) . Organ ini merupakan sebuah kanal otot dilapisi oleh selaput lendir yang terdiri dari sel-sel penghasil lendir dan silia . Jika ada kotoran yang masuk ke dalam tubuh , lendir di tenggorokan akan menangkapnya . Kemudian , tersapu oleh silia dan diarahkan kerongkongan , kemudian ditelan .

2 . jantung

Jantung adalah salah satu organ yang memiliki peran yang sangat penting bagi kelangsungan hidup sistem kerja tubuh . Fungsinya adalah memompa darah segar mengalir ke seluruh tubuh. Karena itu, ketika kemampuan untuk memompa darah terganggu , akibatnya bisa fatal. Bahkan, bisa mengakibatkan kematian .

3 . hati

Dalam istilah medis , disebut liver . Bagian ini memiliki fungsi posisi sebagai filter untuk menyaring darah . Tak bisa dipungkiri bahwa banyak racun yang masuk ke tubuh . Apakah itu melalui asupan makanan , atau melalui pernapasan . Di sini , hati berperan untuk menjaga darah bersih dan bebas dari racun .

4 . ginjal

Organ ginjal memiliki peran yang sangat vital bagi manusia . Menyaring darah , menjaga basis tetap seimbang , memproduksi hormon , dan sebagainya adalah tugas ginjal . Tugas-tugas ini akan terganggu jika ada kelainan padanya , seperti gagal ginjal .

Meskipun ginjal dalam tubuh ada dua orang normal , orang yang lahir dengan satu ginjal ternyata masih hidup . Namun, jika kedua ginjal tidak bekerja dengan baik, maka transplantasi dapat akan sangat membantu

5 . paru-paru

Ini adalah organ yang sangat penting bagi manusia . Jika tidak ada paru-paru maka orang tidak akan dapat hidup . Fungsi paru-paru adalah untuk membantu proses pertukaran antara oksigen dari udara dipertukarkan dengan karbon dioksida dari darah .

6 . lambung

Lambung memiliki fungsi bagi tubuh sebagai pengolah makanan serta memegang makanan untuk jangka waktu yang singkat . Selain itu , fungsi apapun dalam cairan lambung untuk mencerna makanan .

7 . limpa

Limpa adalah semacam ' lengan ' lambung. Setelah lambung selesai melaksanakan proses makanan – limpa adalah salah satu yang bertanggung jawab atas transportasi selanjutnya ke seluruh tubuh . serta detoxin makanan

8 . usus kecil

Usus kecil atau sering disebut sebagai usus kecil memiliki peran sebagai pendorong makanan sepanjang saluran pencernaan sehingga lancar . Selain itu, ada bagian dari usus kecil , vili untuk menyerap nutrisi . Dan kemudian , nutrisi yang dipompa ke dalam darah

9 . usus besar

Setidaknya , ada 3 fungsi yang dijalankan oleh usus besar , yaitu untuk menyimpan dan menghilangkan sisa-sisa makanan . Juga menjaga keseimbangan cairan dan kadar elektrolit dilakukan dengan menyerap air. Selain itu, mendegradasi bakteri yang ada .

10 . Usus Dua Belas Jari

disebut dalam literatur medis sebagai Duodenum, duodenum adalah bagian dari usus kecil yang merupakan bagian terpendek . Dalam proses pencernaan , saat perut selesai melakukan tugasnya , kemudian makanan di melepaskan ke dalam duodenum , yang merupakan bagian dari usus kecil .

Makanan ke dalam duodenum melalui spingter pilorus dengan ukuran yang disesuaikan dengan kemampuan dari usus kecil untuk mencerna. Ketika usus kecil penuh, maka usus besar yang akan mengirimkan sinyal atau ' informasi ' ke perut untuk menghentikan sementara pengiriman makanan .

11 . empedu

Empedu memiliki fungsi untuk menghilangkan limbah tertentu serta untuk membantu dalam pencernaan dan penyerapan lemak .

12 . pankreas

Pankreas menghasilkan enzim pankreas  dan menghasilkan hormon insulin . Hormon ini berguna untuk maenjaga kadar gula dalam darah.


Demikian sedikit ingatan dan bacaan sewaktu SMP dulu, semoga berguana bagi teman teman, dan menjaga organ nya mulai sekarang, tugas mereka sudah berat jangan di tambah berat lagi 

Lets try And Keep Rock N Roll

1 komentar:

Unknown said...

Mantap om
www.fromartikel.blogspot.com

Post a Comment